• Rabu 23 Juni 2021

APTIKNAS Dorong Kesetaraan Pemanfaatan Teknologi Melalui Industri 4.0

  • Maklumat Nasional
  • Jumat, 17 Mei 2019 - 1:40 AM
  • Nasional, Teknologi,
  • dibaca : 677 pembaca

Acara ngabuburit bersama seluruh anggota APTIKNAS di Ballroom Novotel Gajah Mada, Jakarta.

Jakarta, Maklumat Nasional – Asosiasi Pengusaha Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional (APTIKNAS) mengadakan kegiatan ngabuburit bersama seluruh anggota APTIKNAS di Ballroom Novotel Gajah Mada, Jakarta, Kamis (16/5/2019).

APTIKNAS telah berkiprah sejak dideklarasikan pada 24 Februari 2017 dan memiliki legalitas resmi pada April 2017.

Saat ini APTIKNAS telah memiliki 27 Dewan Perwakilan Daerah (DPD) di seluruh Indonesia. Menyusul DPD Kalimantan Tengah yang akan dilantik pada Juli 2019 di Kota Palangkaraya sehingga akan bertambah menjadi 28 DPD.

Selaku mitra pemerintah, APTIKNAS terus mendukung program dan konsentrasi pemerintah, dimulai dengan dicanangkannya program pada 2017 terkait dengan Smart City, e-Commerce dan Digital Agent.

Bahkan memasuki 2019, APTIKNAS memiliki konsentrasi program terkait dengan Industri 4.0, Marketplace dan Digital Talent.

Selain itu, kepercayaan calon anggota dan anggota mulai tumbuh seiring dengan kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh masing-masing DPD.

Tercatat oleh Dewan Perwakilan Pusat (DPP) APTIKNAS, di sepanjang tahun 2017 APTIKNAS mengadakan 19 kali kegiatan, tahun 2018 24 kali kegiatan, dan di tahun 2019 mengadakan 18 kali kegiatan pameran skala nasional dan internasional, serta sampai dengan bulan Mei ini telah ada 11 rangkaian seminar Smart 4.0 yang telah digelar. Kegiatan-kegiatan selanjutnya tentu akan terus bergulir seiring pemintaan dari berbagai pihak terkait.

Bahkan, APTIKNAS juga melakukan kerjasama penyelenggaran GV e-Sprots Vaganza di Hartono Mall Yogyakarta pada 1-5 Mei 2019 yang lalu dan berlanjut nanti di Bekasi Cyber Park pada 22-26 Mei 2019 mendatang.

Soegiharto Santoso alias Hoky selaku Ketua Umum APTIKNAS saat sambutan mengatakan: “semua ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan anggota, membina, mengedukasi, dan mengembangkan bisnis anggota APTIKNAS serta mendukung program pemerintah. Konsentrasi APTIKNAS terkait dengan Industri 4.0 juga telah menghasilkan kegiatan seminar Smart 4.0 yang memiliki fokus di industri gedung, hotel, rumah sakit, pabrik dan universitas. Anggota yang memiliki konsentrasi mulai dari Principal, Distributor, Dealer, Reseller, System Integrator, Software Developer, dan Consultant sangat merasakan manfaat dari rangkaian seminar ini. Sebab APTIKNAS berkomitmen mendorong kesetaraan pemanfaatan teknologi di seluruh Indonesia melalui kegiatan roadshow Industri 4.0 dan menciptakan peluang baru bagi pengusaha teknologi.”

Dalam kesempatan tersebut, Fanky Christian selaku Ketua DPD APTIKNAS DKI Jakarta menambahkan: “kami juga mengolah data dari rangkaian kegiatan-kegiatan APTIKNAS untuk melihat tren yang terjadi terkait dengan Industri 4.0. Data menunjukkan tingginya kepercayaan konsumen untuk berbelanja online sebesar 68%. Kami juga mendeteksi permasalahan yang muncul di industri, sebagai contoh industri rumah sakit di mana memiliki tantangan besar terkait SIMRS sebesar 45%, infrastruktur 30%, pengolahan data 10%, serta SDM sebesar 15%. Kemudian kami juga menghasilkan solusi-solusi apa saja yang selama ini dicari terkait Industri 4.0. Semua itu sangat membantu anggota kami, terutama para sponsor yang terlibat.”

Selama ini APTIKNAS menjalin kerjasama dengan FTII, MASTEL, APJII, ASISINDO, APTIKOM, WANTIKNAS, dan ACCI. Demikian juga menjalin kerjasama dengan pemerintah, mulai dari Kementerian Kominfo, Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, BEKRAF, Badan Standardisasi Nasional , BSSN, BPPT, Business Innovation Center, LIPI , seta Balai Diklat Industri Kemenperin.

Tidak hanya di dalam negeri, tapi juga kepercayaan dari mitra luar negeri semakin baik. APTIKNAS menjadi mitra dari berbagai event organizer dan asosiasi IT dari Singapore, China, dan Taiwan.

APTIKNAS sangat berkonsentrasi mengembangkan Digital Talent dan ini dimulai dengan adanya LSP Komputer yang menjadi mitra sertifikasi dengan sebaran 96 tempat uji kompetensi di seluruh Indonesia. APTIKNAS juga membangun komunitas pembelajar Smart City di Indonesia dengan nama Smartivist.

APTIKNAS berhasil menorehkan sejarah baru dengan mengadakan Indonesian Innovation Award 2019. Kegiatan yang dihasilkan dari kerjasama dengan Kemenristekdikti dan Majalah BISKOM dengan memberikan penghargaan kepada Pemerintah Daerah, BUMN, dan perusahaan swasta yang melakukan inovasi dalam bisnisnya. Penghargaan diberikan kepada 6 Walikota terkait Innovation Governance, 8 Walikota terbaik, 23 perusahaan BUMN dan swasta, 8 CEO terbaik, serta 5 perusahaan inovasi terbaik.

Sebagai penutup sambutannya, Hoky mengungkapkan; “saya ucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang hadir dan kepada seluruh pihak sponsor yaitu PT Bank Sahabat Sampurna, PT Fiber Network Indonesia, PT Armindo Mandiri/Ayo Klik, PT Peraga Expo, Global Channel Resources (GCR), ICA ups dan Dell EMC by PT Synex Metrodata, serta kepada Ibu Yolanda Roring dari Yorindo Communication yang telah turut mensukseskan kegiatan Ngabuburit Bersama APTIKNAS. Kami berharap APTIKNAS menjadi asosiasi pengusaha teknologi terbaik, menjadi mitra pemerintah, serta memberikan yang terbaik untuk bangsa dan negara. Pastikan perusahaan teman-teman bergabung dengan APTIKNAS dan merasakan manfaatnya untuk kesuksesan bersama.” (BI)

« Sebelumnya FPII Kecam Penggunaan Peluru Tajam oleh POLRI yang Mengenai Seorang Wa

Selanjutnya » DPRD Lampung Tengah Gelar Paripurna Penyampaian LKPJ Bupati Tahun 2018

Komentar Kamu

Entertaiment

Kalender