• Minggu 19 September 2021

Bunda PAUD Lampung Tengah Lantik Pengurus Tim Penggerak PKK Kecamatan

  • Maklumat Nasional
  • Selasa, 18 Juni 2019 - 1:01 AM
  • Lampung,
  • dibaca : 432 pembaca

Bunda PAUD Lampung Tengah Hj. Ellya Lusiana Loekman melantik Pengurus Tim Penggerak PKK Kecamatan.

Lampung Tengah, Maklumat Nasional Pemberdayaan masyarakat akan terwujud bila ada upaya untuk memberdayakan keluarga dengan fasilitas non-instruktif guna meningkatkan pengetahuan dan kemampuan pemberdayaan keluarga.

Hal ini dinilai penting karena akan menghasilkan kemandirian sebuah keluarga.

Demikian disampaikan oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Lampung Tengah Hj. Ellya Lusiana Loekman usai melantik Pengurus Tim Penggerak PKK tingkat kecamatan sekaligus Pengukuhan Bunda PAUD tingkat kecamatan di Gedung Sesat Agung Nuwo Balak, Senin (17/6/2019).

“Hal ini tentunya menjadi tugas mulia Tim Penggerak PKK di tingkat kecamatan hingga kampung, agar terus memotivasi, membimbing dan membina para kadernya sehingga lebih berdaya guna dalam melaksanakan tugas serta fungsinya,” ujarnya.

Bunda PAUD Lampung Tengah ini juga menyampaikan selamat dan sukses kepada para ibu yang baru saja dilantik sebagai Pengurus Tim Penggerak PKK tingkat kecamatan maupun yang dikukuhkan sebagai Bunda PAUD tingkat kecamatan.

“Besar harapan saya, ibu-ibu bisa dengan ikhlas mengemban tugas dan amanah yang telah dipercayakan. Saya yakin kalian mampu menjalankan amanah ini dengan sebaik-baiknya. Saya sampaikan terima kasih yang mendalam kepada para pengurus lama yang telah membaktikan diri. Semoga amal baiknya dilimpahkan pahala dari Allah SWT,” ungkapnya.

Dia juga mengatakan bahwa PKK sangat berperan penting dalam pemberdayaan ekonomi keluarga.

PKK adalah gerakan yang muncul dan tumbuh dari bawah dengan perempuan khususnya para ibu sebagai penggeraknya.

Tujuan utama gerakan PKK adalah mewujudkan keluarga sejahtera, yaitu keluarga yang mampu menciptakan keselarasan, keserasian, serta keseimbangan antara kemajuan lahir dan batin.

“Keluarga harus diupayakan menjadi sejahtera karena keluarga adalah unit terkecil masyarakat yang mempunyai arti besar dalam proses pembangunan. Apabila semua keluarga sudah dapat mewujudkan tata kehidupan dan penghidupannya, tentu akan berimplikasi pada terwujudnya masyarakat Kabupaten Lampung Tengah yang sejahtera,” tuturnya.

Hal yang menjadi tantangan adalah membudayakan PKK sesuai dengan eksistensinya.

PKK dengan 10 program pokoknya, yakni penghayatan dan pengamalan Pancasila, gotong royong, pangan, sandang, perumahan dan tata laksana rumah tangga, pendidikan dan ketrampilan, kesehatan, mengembangkan kehidupan berkoperasi, kelestarian lingkungan hidup, serta perencanaan yang sehat.

Apabila 10 program pokok tersebut sudah membudaya, maka PKK dapat menjadi pilar yang kokoh dalam kesejahteraan, bahkan PKK juga dapat menekan laju pertumbuhan penduduk dengan KB.

Melalui program pengembangan berkoperasi, PKK dapat menanamkan dasar demokrasi ekonomi.

PKK juga mengenalkan strategi untuk mengembangkan usaha guna meningkatkan taraf hidup melalui pembinaan UPPKS.

“Visi gerakan PKK adalah terwujudnya keluarga sejahtera menuju masyarakat madani, yaitu masyarakat yang maju, mandiri, demokratif, partisipatif, dan sadar hukum. Dengan visi tersebut, setiap keluarga disadarkan akan perannya untuk ikut mewujudkan masyarakat madani. Salah satu upaya untuk mewujudkan visi gerakan PKK adalah dengan pemberdayaan masyarakat,” pungkas Hj. Ellya Lusiana Loekman. (Adv)

« Sebelumnya Bupati Lampung Tengah Buka Pelatihan Pengembangan Kompetensi Sosial Ku

Selanjutnya » Pemkab Lampung Tengah Raih Predikat WTP dari BPK RI

Berita Terkait

Komentar Kamu

Entertaiment

Kalender