• Minggu 01 Agustus 2021

Bupati Lampung Tengah Hadiri Panen Bawang Merah Bersama Kelompok Tani Binaan BI

  • Maklumat Nasional
  • Selasa, 06 November 2018 - 1:44 PM
  • Lampung,
  • dibaca : 585 pembaca

Bupati Lampung Tengah Loekman Djoyosoemarto dan perwakilan BI Budiarto Setiawan.

Lampung Tengah, Maklumat Nasional – Bupati Lampung Tengah Loekman Djoyosoemarto mewacanakan, Kecamatan Kota Gajah dan Seputih Raman sebagai sentra komoditi bawang merah.

Hal tersebut ia katakan di sela kegiatan panen bibit bawang merah bersama Kelompok Tani Semeru binaaan Bank Indonesia (BI) dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Tengah di Kampung Nambah Rejo, Kecamatan Kota Gajah, Selasa (06/11/2018).

Bupati Loekman berharap kegiatan panen bibit bawang merah ini dapat menjadi motor penggerak para petani yang lainnya.

“Kota Gajah dan Seputih Raman kita wacanakan sebagai sentra komoditi bawang merah, namun ini semua tentunya ada proses melalui tahap demi tahap,” ujar Loekman.

Kabupaten Lampung Tengah kata Loekman sudah mempunyai unggulan tertentu dalam bidang pertanian, seperti di Kecamatan Punggur dengan komoditi nanasnya, Kecamatan Seputih Agung dengan Kencurnya, dan Kecamatan Kalirejo dengan Cabenya.

“Jadi ke depan Pemkab akan berikan pendamping pada kelompok tani agar dalam menanam komoditi sesuai dengan musimnya dan bisa menjadi ikon kampung atau kecamatan itu sendiri,” kataya.

Di sisi lain, Loekman mengucapkan terima kasih kepada BI yang telah membantu petani bawang. Melalui binaannya, saat ini petani bawang merah di Lampung Tengah sudah mulai berkembang.

Sementara, perwakilan BI Budiarto Setiawan mengatakan bahwa pihaknya saat ini telah menjalin kerjasama di semua kabupaten dan provinsi.

Tujuannya kata dia agar dapat mengendalikan inflasi karena dengan ketersediaan pasokan akan berarti dapat mengendalikan harga pasar.

“Untuk di Lampung Tengah, lanjutnya, petani bawang merah diberikan pelatihan dan juga studi banding tentang tanaman bawang merah. Dalam hal penjualan pun kita lakukan pelatihan mulai dari cara pemasaran sehingga binaan BI ini bisa berkembang dengan baik,” ucap Budiarto. (Adv)

« Sebelumnya SMAN 1 Terbanggi Besar Menjadi Tuan Rumah FLS2N Lampung Tengah Tahun 2

Selanjutnya » Pemkab Lampung Tengah Peringati Hari Koperasi Tingkat Kabupaten ke-71

Komentar Kamu

Entertaiment

Kalender