• Minggu 01 Agustus 2021

Bupati Lampung Tengah Optimis Jadi Juara Lomba Kesrak PKK-KKBPK-Kesehatan dan Mewakili Provinsi Lampung Ke Tingkat Nasional

  • Maklumat Nasional
  • Jumat, 07 Desember 2018 - 12:18 PM
  • Lampung,
  • dibaca : 425 pembaca

Kegiatan Lomba Kesrak PKK-KKBPK-Kesehatan dan Lomba PKK Kabupaten Lampung Tengah.

Lampung Tengah, Maklumat Nasional – Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Lampung Yustin Ridho Ficardo menghadiri penilaian Lomba Kesrak PKK-KKBPK-Kesehatan dan Lomba PKK Kabupaten Lampung Tengah di Kampung Tulung Kakan, Kecamatan Bumiratu Nuban, Rabu (05/12/2018).

Kehadiran Yustin Ficardo disambut kesenian budaya asal Jawa Timur, Reog Ponorogo. Yustin mengatakan bahwa pelaksanaan kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan yang dimulai dengan kegiatan Bakti Sosial TNIKB-Kesehatan Terpadu hingga bulan Oktober.

Kemudian, dilanjutkan dengan kegiatan Kesrak PKK-KKBPK-Kesehatan yang dilaksanakan sejak Oktober hingga Desember.

“Kegiatan ini diharapkan mampu memicu keberhasilan PKK dalam menggerakkan keluarga dan masyarakat untuk berperilaku Iebih baik dan berperan dalam mensukseskan program pemerintah serta dapat meningkatkan Sumber Daya Manusia,” kata Yustin.

Yustin menambahkan bahwa kegiatan ini mendorong peningkatan pertumbuhan ekonomi daerah dan mendorong ketersediaan akses keuangan yang seluas-luasnya kepada masyarakat serta mewujudkan masyarakat yang Iebih sejahtera.

“Kader PKK sampai ke tingkat Dasawisma diharapkan dapat mensosialisasikan program E-money. Di dalamnya terdapat potensi ekonomi di desa yang dapat dikembangkan dengan menggunakan produk dan Iayanan jasa keuangan seperti memiliki tabungan dan pinjaman,” tambah Yustin.

Yustin menyebutkan akan adanya penilaian terhadap empat jenis kegiatan yakni Kesrak PKK-KKBPK Kesehatan, Posyandu, Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Rumah Tangga, serta Lingkungan Bersih dan Sehat.

“Lima jenis kegiatan tersebut yakni pelaksana terbaik Tertib Administrasi PKK, Pola Asuh Anak dan Remaja, Upaya Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) PKK, Halaman ASRI Teratur Indah dan Nyaman (Hatinya) PKK dan Pelaksanaan Deteksi Dini Kanker Serviks melalui Inspeksi Visual Asam Assetat (IVA) Test,” jelas Yustin yang juga Duta Kanker Serviks Lampung.

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Lampung Tengah Ellya Lusiana Loekman mengatakan bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan melaIui pemberdayaan masyarakat dalam Kesrak PKK-KKBPK-Kesehatan dan Kegiatan PKK di tingkat Kampung.

Harapannya, mampu mengefektifkan peran kelembagaan dan 10 Program Pokok PKK khususnya di bidang KB dan Kesehatan.

Kegiatan ini sekaligus mampu memberikan daya ungkit untuk meningkatkan Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM).

Seperti, Posyandu, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), Lingkungan Bersih Sehat (LBS), dan Tanaman Obat Keluarga (Toga).

Kemudian, dapat memanfaatkan dana desa untuk memfasilitasi kegiatan sesuai peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi.

Sementara itu, Bupati Lampung Tengah Loekman Djoyosoemarto mengatakan bahwa tim penilai mampu melakukan secara obyektif.

Kecamatan Bumiratu Nuban telah melalui proses seleksi di tingkat Kabupaten Lampung Tengah pada penilaian lomba Kesrak PKK-KB Kesehatan yang diperoleh di kampung tersebut terwujud berkat kerjasama semua masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah.

“Tidak terlepas dari gotong royong yang dilakukan semua pihak untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan keikutsertaan KB dan aktif pada kegiatan kesehatan seperti Posyandu,” ungkap Bupati Loekman.

Bahkan, Kabupaten Lampung Tengah memiliki wilayah yang cukup luas dengan 301 kampung dan 10 kelurahan dengan jumlah penduduk 1,4 juta jiwa.

“Potensi ini sangat memungkinkan Lampung Tengah lebih maju dari kabupaten lain. Kami siap menang dan mewakili Provinsi Lampung ke tingkat nasional,” tandasnya. (Adv)

« Sebelumnya SMA Negeri 1 Punggur Juara Pertama MKKS O2SN Futsal

Selanjutnya » SMAN 1 Seputih Agung Adakan Perlombaan Peringatan HUT Ambalan ke-XVIII

Berita Terkait

Komentar Kamu

Entertaiment

Kalender