• Senin 20 September 2021

China Sebut Ketegangan di Semenanjung Korea Capai Titik Kritis

  • Maklumat Nasional
  • Rabu, 30 Agustus 2017 - 12:36 AM
  • Internasional,
  • dibaca : 467 pembaca

Peluru kendali atau rudal balistik Korea Utara yang dinamakan Hwasong-14 saat diluncurkan.

Beijing, Maklumat Nasional – China memperingatkan bahwa ketegangan di semenanjung Korea telah mencapai “titik kritis” setelah Korea Utara pada dini hari kemarin menembakkan rudal balistik ke atas langit Jepang.

China mengatakan bahwa Amerika Serikat (AS) dan Korea Selatan yang menjadi bagian penyebab ketegangan tersebut.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China Hua Chunying mendesak semua pihak menghindari provokasi dan mengulang seruan Beijing agar Korea Utara menangguhkan uji coba rudal sebagai balasan atas penghentian latihan militer AS-Korea Selatan.

“Situasinya sekarang berada di titik kritis mendekati krisis. Pada saat yang sama ada peluang untuk membuka kembali perundingan damai,” kata Hua dalam konferensi pers reguler.

“Kami harap pihak-pihak yang bersangkutan bisa mempertimbangkan bagaimana kita meredakan situasi di semenanjung Korea dan mewujudkan perdamaian serta stabilitas di semenanjung tersebut,” tambahnya.

Sirene dinyalakan pada Selasa, (29/82017) dini hari dan pesan teks disebarkan di wilayah utara Jepang, memperingatkan orang-orang yang berada di jalur penerbangan rudal itu agar berlindung.

Sebelumnya, Seoul dan Washington mengadakan latihan perang tahunan yang ditentang Tiongkok dan dipandang Pyongyang sebagai latihan invasi provokatif.

“AS-Korea Selatan terus menggelar latihan militer bersama dan mereka menggunakan tekanan militer terhadap Korea Utara,” tutur Hua.

“Setelah begitu banyak putaran dan siklus buruk, apakah mereka merasa lebih dekat ke pengaturan damai dalam masalah ini?” tandasnya sebagaimana dikutip kantor berita AFP.

“Fakta-fakta membuktikan bahwa tekanan dan sanksi tidak bisa secara fundamental menyelesaikan masalah ini,” pungkasnya merujuk ke sanksi-sanksi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) terhadap Korea Utara.

China mendukung pengenaan sanksi-sanksi tersebut, namun juga menyeru pelaksanaan perundingan damai.  (ais)

« Sebelumnya Jepang dan AS Sepakat Tingkatkan Tekanan Terhadap Korea Utara

Selanjutnya » Korea Utara Luncurkan Rudal Melintasi Langit Jepang

Berita Terkait

Komentar Kamu

Entertaiment

Kalender