• Rabu 25 Mei 2022

Dinas Kesehatan Lampung Tengah Sosialisasi CTPS

  • Maklumat Nasional
  • Selasa, 20 Juni 2017 - 12:06 PM
  • Kesehatan,
  • dibaca : 574 pembaca

Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS).

Lampung Tengah, Maklumat Nasional – Setiap tahun, lebih dari 100.000 anak usia di bawah 5 tahun di Indonesia meninggal karena diare. Sekitar 80% kasus tersebut terjadi di daerah yang memiliki sanitasi buruk dan perilaku sehari-hari yang tidak sehat. Di tahun 2007 saja, sekitar 14% balita Indonesia menderita diare.

Terjadinya diare di usia 2 tahun pertama pada anak akan mempengaruhi perkembangan fisik dan mentalnya. Beberapa pengaruh yang dapat diidentifikasi antara lain hilangnya selera makan dan menurunnya daya serap tubuh terhadap gizi. Akibatnya, anak tumbuh lamban, stunting, dan rentan terhadap serangan berbagai penyakit. Salah satu cara sederhana yang dapat mencegah terjadinya penyakit dan penularan penyakit adalah dengan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS).

Banyak penelitian menemukan bahwa CTPS dapat menurunkan penyakit diare sebanyak 42-47%, pneumonia 50% dan Flu burung 50%. Di samping itu, CTPS dapat mencegah infeksi cacing, infeksi mata, dan penyakit kulit. CTPS juga dapat mengurangi kematian bayi baru lahir.

CTPS merupakan upaya yang direkomendasikan untuk mencegah penyakit, dengan pertimbangan bahwa sabun mudah diperoleh dan terjangkau. Selain itu, air mengalir dapat diupayakan hampir di setiap rumah tangga. Supaya efektif, perilaku CTPS juga perlu dilakukan dengan benar. CTPS yang benar adalah dengan memakai sabun dan air mengalir.

Alasan di baliknya adalah bahwa sabun terdiri dari rantai karbon hidrofobik yang melekat pada kuman di tangan yang disabuni dan membentuk molekul yang sangat halus. Ketika tangan dibilas air, sabun menggelontorkan molekul tersebut bersama kuman dan air bilasan. Dengan mekanisme inilah sabun mampu memutus rantai penyebaran kuman penyebab penyakit menular. (ais)

« Sebelumnya Dinas Kesehatan Lampung Tengah Gencar Sosialisasikan STBM

Selanjutnya » Presiden Jokowi Ajak Komponen Bangsa Jaga Pancasila

Berita Terkait

  • Minggu, 18 Februari 2018-12:06 PM

RSUD Kota Agung Terbengkalai

  • Jumat, 07 April 2017-12:06 PM

Dinas Kesehatan Lampung Tengah Tekan AKI-AKB

  • Kamis, 06 April 2017-12:06 PM

Dinas Kesehatan Lampung Tengah Laksanakan Germas

Komentar Kamu

Entertaiment

Kalender