• Rabu 23 Juni 2021

Dinas Kesehatan Lampung Tengah Waspada DBD

  • Maklumat Nasional
  • Selasa, 20 Juni 2017 - 1:15 PM
  • Kesehatan,
  • dibaca : 817 pembaca

Petugas Dinas Kesehatan Lampung Tengah saat lakukan fogging memberantas nyamuk DBD.

Lampung Tengah, Maklumat Nasional – Menghadapi musim pancaroba dari panas ke penghujan, banyak terjadi penyebaran berbagai penyakit oleh lingkungan kotor seperti Demam Berdarah. Hal ini dapat dicegah dengan cara Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yaitu Menguras, Menutup dan Menimbun (3M) serta abatesasi.

Demam berdarah dapat menyerang seluruh kelompok umur terutama anak-anak dan sering menimbulkan wabah serta menyebabkan kematian. Nyamuk demam berdarah berkembang biak di tempat-tempat penampungan air bersih di dalam rumah maupun di sekitar lingkungan kita seperti bak mandi/wc, drum, tempayan, tempat minum burung, pot tanaman air/vas bunga, kaleng bekas, ban bekas, botol, tempurung kelapa, plastik dan lain-lain yang dibuang pada sembarang tempat.

Demam Berdarah adalah penyakit menular yang disebabkan oleh Virus Dengue dan ditularkan melalui gigitan nyamuk Demam Berdarah (Aedes aegypti). Ciri-ciri nyamuk Demam Berdarah antara lain berwarna hitam dengan belang-belang (loreng) putih pada seluruh tubuh, mampu terbang sampai seratus meter, aktif menggigit pada pagi hari dan sore hari, tempat hinggap yang disenangi benda-benda yang tergantung seperti pakaian, kelambu maupun tumbuh-tumbuhan di dekat tempat berkembang biaknya, serta jentik nyamuk selalu bergerak aktif dalam air dari bawah ke atas permukaan air secara berulang-ulang.

Gejala awal Demam Berdarah Dengue (DBD) yakni mendadak panas tinggi selama 2-7 hari, tampak lemah dan lesu, timbul bintik-bintik merah pada kulit, sering merasa nyeri di ulu hati. Gejalanya adalah kadang-kadang terjadi pendarahan di hidung (mimisan) dan di bawah kulit. Kadang terjadi muntah atau berak darah. Bila sudah parah penderita akan gelisah, tangan dan kaki dingin serta berkeringat. Bila tidak segera diatasi akan menyebabkan kematian.

Dalam mencegah terkena penyakit DBD, hal yang perlu dilakukan adalah 3M Plus yaitu menguras, menutup, mengubur plus tindakan memberantas jentik dan menghindari gigitan nyamuk. 3M Plus adalah tindakan yang dilakukan secara teratur untuk memberantas jentik dan menghindari gigitan nyamuk Demam Berdarah. Menguras tempat-tempat penampungan air seperti bak mandi/wc, tempayan, ember, vas bunga, tempat minum burung dan lain-lain seminggu sekali. Menutup rapat semua penampungan air seperti ember, gentong, drum dan lain-lain. Mengubur semua barang-barang bekas yang ada di sekitar atau di luar rumah yang dapat menampung air hujan dan sebagainya. (ais)

« Sebelumnya Pemprov Lampung Prioritaskan Infrastruktur Jembatan

Selanjutnya » Dinas Kesehatan Lampung Tengah Gencar Sosialisasikan STBM

Berita Terkait

  • Minggu, 18 Februari 2018-1:15 PM

RSUD Kota Agung Terbengkalai

  • Selasa, 20 Juni 2017-1:15 PM

Dinas Kesehatan Lampung Tengah Waspada DBD

  • Kamis, 06 April 2017-1:15 PM

Dinas Kesehatan Lampung Tengah Tekan AKI-AKB

Komentar Kamu

Entertaiment

Kalender