• Minggu 01 Agustus 2021

Lippo Bangun Kota Modern Terlengkap Se-ASEAN di Cikarang

  • Maklumat Nasional
  • Kamis, 04 Mei 2017 - 3:44 PM
  • Ekonomi,
  • dibaca : 544 pembaca

Suasana saat konferensi pers pembangunan kota modern Meikarta oleh Lippo Group.

Jakarta, Maklumat Nasional – Lippo Group tengah menggeber pembangunan kota baru berskala internasional dengan nama Meikarta. Proyek investasi terbesar selama 67 tahun perusahaan berdiri ini diklaim akan menjadi kota modern terindah dan terlengkap di Asia Tenggara.

CEO Lippo Group James Riady mengungkapkan bahwa Kota Jakarta baru dengan label Meikarta berdiri di jantung kawasan industri Indonesia, tepatnya di Cikarang. Ini merupakan proyek investasi Lippo terbesar sepanjang sejarah perusahaan berdiri selama 67 tahun.

“Ini adalah inisiatif besar dari Lippo membangun Kota Jakarta baru yang punya desain, infrastruktur berskala internasional dan bisa bersaing di dunia. Meikarta akan jadi kota terindah dan terlengkap di Asia Tenggara,” terangnya saat Konferensi Pers di Hotel Aryaduta, Jakarta, Kamis (4/5).

James lebih jauh menggambarkan bahwa proyek raksasa dengan nilai investasi Rp 278 triliun ini memakai konsep berbeda dibandingkan Lippo Karawaci maupun Lippo Cikarang, dan lainnya. Proyek Meikarta dirancang dengan konsep hijau.

“Kita bawa konsep New York City yang terkenal dengan dua sistem, yakni grade system dan central park. Jadi nanti ada central park di Meikarta, ada elevated yang kita sudah rancang semuanya di sana,” jelasnya.

“Jadi ini bukan slogan saja, kita akan bangun gedung dengan desain yang berbeda sehingga ada suatu identitas unik bagi penghuni. Ini real karena kita sudah merancang inisiatif tersebut sejak 3-4 tahun lalu,” lanjut konglomerat itu.

Diakui James, infrastruktur dan fasilitas yang dibangun bertaraf internasional dan juga berkualitas. Proyek ini meliputi tujuh pusat perbelanjaan mal dan komersial dengan total luas lahan 1,5 juta meter persegi. Pusat kesehatan dan rumah sakit internasional, pusat keuangan internasional, 10 hotel internasional bintang 5, juga perpustakaan nasional.

Adapula fasilitas teater opera dan pusat kesenian, 100 SD, 50 SMP, dan SMA yang bertaraf nasional bahkan internasional. Tidak hanya itu, ada juga tiga Universitas nasional, pusat riset industri, pusat pameran internasional, Silicon Valley Indonesia, serta masih banyak lainnya.

“Ada 10 mal, ada fasilitas rumah sakit, dan lainnya. Nanti kita akan ajak Universitas Indonesia dan ITB membuka kampus di sana. Kita akan bangun puluhan sekolah di sana,” papar James.

Pembangunan Meikarta, diakuinya seiring dengan percepatan pembangunan infrastruktur oleh pemerintah di koridor Jakarta-Bekasi-Cikarang-Bandung, antara lain kereta cepat Jakarta-Bandung yang akan menempatkan Cikarang sebagai salah satu lokasi pemberhentian, pembangunan pelabuhan Patimbang, Bandara Kertajati, monorail, dan jalan tol melayang Jakarta-Cikampek II.

James menyebutkan, peluncuran penjualan perumahan di kota baru Meikarta akan berlangsung pada Sabtu (13/5) di Maxx Box, Orange County, Lippo Cikarang. Di tahap pertama, pembangunan Meikarta seluas 22 juta meter persegi dan sudah mulai membangun 250 ribu rumah yang dapat dihuni lebih dari satu juta komunitas perkotaan.

“Tahap pertama akan selesai dalam waktu tiga tahun, keseluruhan membutuhkan lima tahun. Sabtu nanti sudah bisa dilihat 300-500 crane sudah mulai membangun, ada 100 gedung, masing-masing 35-60 lantai,” tandas James. (ais)

« Sebelumnya Garuda Indonesia Siapkan 45 Ribu Kursi untuk Mudik Lebaran 2017

Selanjutnya » Paus Nyatakan Vatikan Siap Jadi Mediator Untuk Venezuela

Berita Terkait

Komentar Kamu

Entertaiment

Kalender