• Minggu 28 November 2021

Menhub Budi Karya: Puncak Arus Mudik 2017 Jatuh pada 23 Juni

  • Maklumat Nasional
  • Rabu, 24 Mei 2017 - 12:45 PM
  • Nasional,
  • dibaca : 645 pembaca

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi.

Jakarta, Maklumat Nasional – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memperkirakan puncak arus mudik Lebaran 2017 akan terjadi pada 23 Juni 2017. Namun, perkiraan ini bisa bergeser tergantung dari cairnya Tunjangan Hari Raya (THR).

“Perkiraan awal dari kita, mudik Lebaran itu peak-nya pada 23 Juni,” kata Menteri Budi di Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Jakarta, Selasa (23/5/2017).

Sejumlah persiapan telah dilakukan pemerintah untuk menghadapi arus mudik tersebut. Kementerian Perhubungan telah melakukan koordinasi dengan lintas instansi pemerintah.

“Pada dasarnya kita selalu berkoordinasi, karena memang benar Kemenhub dilaporkan, nanti Korlantas jadi komandan di lapangan, berkaitan dengan PU (Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat), saya sudah cek pekerjaan jalan tol, perbaikan jalan sudah dilakukan,” jelas dia.

Dia pun mengimbau supaya masyarakat menghindari penggunaan kendaraan roda dua atau motor. Pasalnya, lebih dari 50 persen kecelakaan berasal dari kecelakaan  sepeda motor.

Pemerintah sendiri, lanjutnya, juga akan bekerjasama dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan para pemangku kepentingan untuk menyediakan mudik gratis. Tidak hanya untuk angkutan orang, namun juga angkutan motor.

Budi mengatakan bahwa Kemenhub juga telah menyiapkan posko untuk memantau arus mudik.

“Kami menyiapkan posko di lantai 7, tetapi juga ada posko di Kakorlantas, nanti kita kordinasi,” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengatakan bahwa pergerakan manusia saat mudik tahun ini bakal mencapai 19 juta orang. Angka ini lebih tinggi dibandingkan dengan tahun lalu.

“Diperkirakan Lebaran ada 19 juta orang yang bergerak mudik, kenaikannya kurang lebih 5 persen dari tahun lalu,” tandasnya. (ais)

« Sebelumnya Mentan Pastikan Kesediaan Pangan Saat Lebaran Aman

Selanjutnya » Tiga Menteri Tinjau Proyek LRT Palembang

Komentar Kamu

Entertaiment

Kalender