• Rabu 23 Juni 2021

Meriahkan HUT ke-61, Pemprov Jambi Gelar Lomba Perahu Tingkat Nasional

  • Maklumat Nasional
  • Jumat, 19 Januari 2018 - 8:26 PM
  • Nasional, Pariwisata,
  • dibaca : 781 pembaca

Gubernur Jambi Zumi Zola berfoto bersama para pemenang lomba perahu.

Jambi, Maklumat Nasional – Serangkaian kegiatan digelar dalam memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi Jambi ke-61 tahun, salah satunya lomba perahu tingkat nasional yang diadakan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) di Sungai Batanghari dari 5 Januari sampai 7 Januari 2018.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi M Dianto mengatakan bahwa setidaknya ada 52 tim yang mengikuti lomba perahu yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

Pihaknya menjabarkan bahwa dari 52 tim tersebut dipecah menjadi tiga kelompok perlombaan, yakni kelompok perahu naga berjumlah 19 peserta, perahu tradisional tipe A berjumlah 13 peserta, dan perahu tradisional tipe B berjumlah 20 peserta.

“Ini event nasional yang pertama diadakan di Provinsi Jambi, mudah-mudahan tahun berikutnya bisa lebih ramai lagi dengan jumlah peserta yang lebih banyak,” kata Sekda M Dianto usai membuka lomba perahu bertempat di depan rumah dinas Gubernur Jambi, Jumat (5/1/2018).

Guberur Jambi Zumi Zola mengatakan bahwa dalam menyambut HUT Provinsi Jambi ke-61 tahun ini dilaksanakan lomba perahu tingkat nasional guna memeriahkan dan memasarkan pariwisata Jambi.

Zumi Zola berharap kedepannya olahraga perahu tingkat nasional lebih meriah lagi karena Sungai Batanghari sebagai kebanggaan masyarakat Jambi potensinya harus lebih dioptimalkan lagi.

“Tahun ini mencoba sesuatu yang baru, kita memang setiap tahun lomba pacu perahu tipe A dan tipe B diikuti tim-tim dari kabupaten dan kota se-Provinsi Jambi, tahun ini kita ingin memperlebar lagi scoopnya perahu naga di tingkat nasional,” ungkap Zumi Zola, Minggu (7/1/2018).

Peserta perahu naga yang berasal dari luar Provinsi Jambi menjadi tontonan masyarakat yang memadati sisi kiri dan kanan Sungai Batanghari termasuk dari jembatan pedestrian Gentala Arasy.

“Alhamdulillah diikuti Riau, Jakarta, dan Jawa Barat ini semakin semarak, inshaAllah dragon boat akan diadakan lagi,” ujar Zumi Zola.

Gubernur Jambi menyerahkan langsung hadiah kepada para pemenang lomba perahu tradisional tipe dragon boat (open). Juara I diraih oleh tim Gadjah Mada dari Jakarta yang mendapatkan piala dan uang pembinaan sebesar Rp 50 juta, juara II diraih oleh tim dari Bekasi yang mendapatkan piala dan uang pembinaan Rp 40 juta, kemudian juara III diraih oleh tim dari Indragiri Hulu yang mendapatkan piala dan uang pembinaan Rp 25 juta, sedangkan juara IV diraih oleh Muaro Jambi Tuntas yang mendapatkan piala dan uang pembinaan Rp 8 juta.

“Lomba Dragon boat akan diadakan lagi di bulan September 2018, tingkat nasional, memperebutkan piala Menteri PUPR,” jelas Zumi Zola. (BI)

« Sebelumnya Masyarakat Lampung Tengah Kecewa Jalan Jembatan Baru Dibangun Rusak

Selanjutnya » SMA Negeri 1 Kotagajah Gelar HUT Ambalan

Komentar Kamu

Entertaiment

Kalender