• Rabu 23 Juni 2021

Oknum Caleg DPRD Provinsi Lampung Dapil Lampung Selatan Bagi Sembako Ribuan Relawan

  • Maklumat Nasional
  • Minggu, 07 April 2019 - 2:07 PM
  • Hukum, Lampung,
  • dibaca : 575 pembaca

Seorang ibu rumah tangga saat sedang membungkus sembako di kediaman Caleg Nasdem yang berinisial AS.

Bandar Lampung, Maklumat Nasional – Oknum calon anggota DPRD Provinsi Lampung berinisial AS dari Daerah Pemilihan (Dapil) 2 Lampung Selatan yang diusung Partai Nasdem nomor urut 7 membagikan ribuan bungkus sembako kepada relawannya di Lampung Selatan, Minggu (7/4/2019).

Menurut kesaksian para warga sekitar kediaman AS yang beralamat di Jalan Untung Suropati, Gang Famili VI, Kelurahan Labuhan Ratu Raya, Kecamatan Labuhan Ratu, Bandar Lampung, setidaknya sudah sekitar 10 hari belakangan selalu ada aktifitas packing sembako berupa minyak goreng, gula dan lain-lain yang disinyalir bahwa sembako tersebut disertai sampel surat suara pemilu yang dibungkus dengan plastik berwarna hitam.

Salah seorang ibu rumah tangga berinisial RD mengungkapkan bahwa aktifitas packing tersebut dilakukan pada siang hari oleh puluhan ibu rumah tangga lain dengan upah masing-masing 30 ribu rupiah dan bungkusan sembako tersebut didistribusikan menggunakan kendaraan Pickup pada siang hari serta memakai kendaraan Truck pada malam hari menuju Dapil Calon Legislatif (Caleg) tersebut.

Setelah dikonfirmasi oleh beberapa awak media di kediamannya, Caleg AS membenarkan bahwa adanya aktifitas ibu-ibu yang ditugasinya untuk membungkus sembako, namun dirinya membantah kalau bungkusan sembako itu akan diberikan untuk warga yang punya hak pilih melainkan untuk relawannya saja.

“Benar ada aktifitas pembungkusan minyak goreng kemasan dan gula, tapi bukan untuk kampanye atau diberikan kepada warga pemilih, tapi sy berikan khusus untuk simpatisan saya yang mencapai 4.687 orang di Dapil saya,” katanya.

Dan menurut pengakuan AS, bukan hanya bungkusan minyak goreng kemasan dan gula saja yang dia berikan kepada relawannya, tetapi juga berupa uang sejumlah 20 ribu rupiah yang diserahkan pada saat ada pertemuan.

Dia juga mengaku bahwa hal tersebut sudah mendapat izin dan rekomendasi dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Lampung selatan.

“Sebenarnya bukan bungkusan berisi minyak goreng kemasan dan gula itu saja tapi ada berupa uang 20 ribu rupiah yang saya berikan setiap kali ada pertemuan tapi saya sudah mendapat izin dari Bawaslu Lampung Selatan,” ungkapnya.

Beberapa media yang tergabung di dalam media partners Forum Pers Independen Indonesia (FPII) yang menemukan tumpukan-tumpukan plastik sembako tersebut merasa ada kejanggalan.

Ada dugaan sembako tersebut bukan hanya untuk relawan yang katanya mencapai 4.687 orang apabila melihat tumpukan plastik yang telah terisi.

Hal ini dikarenakan, menurut keterangan warga sekitar, aktifitas tersebut telah berlangsung berhari-hari sementara sembako yang dibungkus dalam satu hari saja seperti yang terlihat pada gambar yang berhasil diambil diperkirakan lebih dari lima ribu bungkusan. (tim)

« Sebelumnya SMA Negeri 1 Puma Gelar Peringatan HUT ke-24 dan Wisuda Purnasiswa Kel

Selanjutnya » Gugatan PMH Terhadap Dewan Pers Memasuki Babak Baru, Penggugat Ajukan

Berita Terkait

Komentar Kamu

Entertaiment

Kalender