• Minggu 01 Agustus 2021

Pembukaan MTQ ke 44, Bupati Mustafa: Jadikan Al Quran Sebagai Pedoman

  • Maklumat Nasional
  • Senin, 27 Maret 2017 - 10:41 AM
  • Lampung,
  • dibaca : 449 pembaca

Bupati Mustafa saat menyerahkan piala bergilir kepada Camat Bandar Mataram selaku tuan rumah.

Lampung Tengah, Maklumat Nasional – Bupati Lampung Tengah Mustafa secara langsung membuka seleksi Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke 44 di Kecamatan Bandar Mataram, untuk mewakili Kabupaten Lampung Tengah dalam perhelatan MTQ  tingkat provinsi, Kamis (23/3).

Pada kesempatan itu, Bupati Mustafa meminta agar MTQ dijadikan sebagai sarana syiar Al Quran selain sebagai ajang mencari prestasi.

“Di tengah perkembangan teknologi, saat ini masyarakat lebih mudah mendapatkan input negatif dan cenderung banyak kemudaratan,” kata Mustafa.

Untuk itu, lanjutnya, diperlukan syiar yang membumikan Al-quran di tengah-tengah masyarakat. Dengan ini, masyarakat memiliki pondasi yang kuat dan tidak mudah terombang-ambing oleh informasi atau isu yang dapat memecah-belah umat.

“Jadikan Al Quran sebagai pedoman bagi kita semua. Di media sosial, orang-orang mudah sekali mencela, menghina dan menjatuhkan orang lain. Tentunya ini harus diimbangi dengan syiar dan pemahaman Al Quran yang baik,” ujarnya.

Mustafa juga mengharapkan, kegiatan MTQ dapat menjadi sarana untuk meningkatkan silaturahmi antar sesama umat muslim, khususnya di Lampung Tengah sebagai Kabupaten terluas di Provinsi Lampung.

Dia menambahkan, pihaknya telah menyiapkan bonus yang menggiurkan bagi para pemenang MTQ tingkat provinsi ini. Yakni bonus keliling Indonesia dan uang tunai sejumlah Rp 45 juta sebagai hadiah untuk para pemenang.

“Dan para juara ini, jika nantinya dapat memenangkan MTQ tingkat provinsi, akan saya beri bonus Rp 20 juta bagi juara 1, Rp 15 juta bagi juara 2, dan Rp 10 juta bagi juara 3. Ini adalah sebagai bentuk apresiasi saya terhadap putra-putri terbaik yang dapat mengharumkan nama Lampung Tengah di tingkat provinsi,” ungkapnya.

Perlombaan MTQ tahun ini mengusung tema “Melalui MTQ Kita Tingkatkan Pemahaman Baca Tulis Al-quran” yang dipusatkan di Kampung Jati Datar, Kecamatan Bandar Mataram.

Dalam MTQ tingkat kabupaten ini memperlombakan 6 cabang perlombaan yakni Khottil Quran, Fahmil Quran, Syahril Quran, Hifdzil Quran, Tartil Quran dan Tafsir Quran. Acara ini berlangsung selama tiga hari (23 Maret – 25 Maret 2017) serta diikuti oleh 560 peserta dari 28 kecamatan. (adv)

« Sebelumnya Mahasiswa Lampung Rancang Sistem Pengaman Helm

Selanjutnya » Bupati Mustafa Prioritaskan Pembangunan Infrastruktur dan Keamanan

Komentar Kamu

Entertaiment

Kalender