• Minggu 01 Agustus 2021

Presiden Jokowi Tanggapi Permasalahan Korea Utara dari Manila

  • Maklumat Nasional
  • Senin, 01 Mei 2017 - 12:21 AM
  • Internasional,
  • dibaca : 437 pembaca

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) bersama Presiden Filipina Rodrigo Duterte.

Manila, Maklumat Nasional – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) menaruh perhatian pada kondisi terkini di Semenanjung Korea. Saat ini, wilayah itu tengah memanas terkait aksi provokasi militer Korea Utara.

Amerika Serikat kemudian merespons dengan menyiagakan sejumlah armada perangnya sebagai bentuk antisipasi.

“ASEAN harus mengirim pesan kuat kepada Korea Utara agar mentaati semua resolusi Dewan Keamanan PBB,” ujar Jokowi saat sesi retreat di KTT ASEAN ke-30 di Formal Living Room, Coconut Palace, Manila, Sabtu (29/4).

Presiden Jokowi berharap, semua negara ASEAN bisa menahan diri. Sehingga ketegangan yang saat ini terasa bisa reda dan tidak semakin buruk.

“Stabilitas dan perdamaian di Semenanjung Korea harus segera dikembalikan,” imbuhnya.

Jokowi menambahkan, jika situasi di kawasan Semenanjung Korea dibiarkan berlarut-larut maka kawasan Laut China Selatan niscaya akan terkena dampak.

Mantan Walikota Solo ini pun memastikan akan membahas hal itu dalam waktu dekat saat bertemu dengan Presiden China Xi Jinping.

Bahkan, para pemimpin ASEAN juga membahas isu internasional lain, seperti pemberantasan terorisme dan Laut China Selatan. Mereka mengharapkan kiranya Kerangka Code of Conduct (CoC) dapat diselesaikan pada pertengahan tahun ini.

Kerangka CoC telah dibahas di Bali pada Desember 2016 antara ASEAN dan Tiongkok (Bali draft). Draf tersebut kemudian semakin disempurnakan dalam pertemuan di Siem Reap (Kamboja) pada akhir Maret 2017. (ais)

« Sebelumnya Presiden Iran Resmikan Kilang Minyak Baru di Teluk

Selanjutnya » Komandan Abu Sayyaf Alhabsy Misaya Tewas di Tangan Marinir Filipina

Komentar Kamu

Entertaiment

Kalender