• Sabtu 16 Oktober 2021

Tiga Menteri Tinjau Proyek LRT Palembang

  • Maklumat Nasional
  • Rabu, 24 Mei 2017 - 12:29 PM
  • Nasional,
  • dibaca : 485 pembaca

Tiga Menteri Kabinet Kerja saat meninjau proyek LRT di Jalan Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II.

Palembang, Maklumat Nasional – Tiga Menteri Kabinet Kerja yaitu ‎Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono melakukan peninjauan ke proyek pembangunan Light Rail Transit (LRT) Palembang, Rabu (24/5/2017).

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi juga telah melakukan peninjauan ke proyek transportasi massal itu. Dalam kesempatan tersebut, Budi menyampaikan ‎target pembangunan LRT pada Mei 2017 adalah 36,9 persen. Namun realisasinya melebihi target dan mencapai 42,6 persen. Untuk itu, dirinya minta agar konstruksi dapat diselesaikan pada Desember 2017.

“Harapannya konstruksi selesai pada bulan Desember 2017. Setelah itu baru rolling stock masuk secara bertahap. Rolling stock pertama datang bulan Maret dan April, kemudian bulan Mei akan datang semua, dan bulan Juni sudah mulai dioperasikan,” ujar dia.

Terkait dengan tarif, Budi menyatakan tarif LRT Palembang berkisar Rp 8.000 per orang. Namun belum ditentukan angka pastinya, karena masih dibahas dengan konsultan.

Kementerian Perhubungan juga masih melakukan penelitian terkait jumlah masyarakat yang menggunakan LRT Palembang. Pemberian subsidi pun menjadi pertimbangan.

“Kita selalu mendasarkan pada bagaimana masyarakat bisa membayar dengan harga yang terjangkau. Namun, investasi transportasi massal kereta api ini cukup tinggi. Untuk itu kita sedang meneliti jumlah masyarakat yang menggunakan LRT. Semakin banyak penumpang, semakin sedikit jumlah subsidi,” jelas Budi.

Pembangunan LRT Palembang ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan transportasi dalam mendukung pembangunan di Palembang, Sumatera Selatan, dan mendukung pelaksanaan Asian Games Tahun 2018.

Usai meninjau proyek LRT, rencananya Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono juga akan melakukan peninjauan ke sejumlah proyek di Palembang, seperti proyek tol Palembang-Kayuagung-Betung, Rumah Susun Percontohan Bea Cukai, dan Sport Complex Asian Games 2018. Sementara itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi kembali ke Jakarta untuk menghadiri rapat dengan DPD RI. (ais)

« Sebelumnya Menhub Budi Karya: Puncak Arus Mudik 2017 Jatuh pada 23 Juni

Selanjutnya » DPR Akan Temui Gubernur Akpol Terkait Taruna Tewas di Tangan Senior

Komentar Kamu

Entertaiment

Kalender