• Minggu 01 Agustus 2021

Tim Saber Pungli Sosialisasi di SMK Negeri 2 Terbanggi Besar

  • Maklumat Nasional
  • Senin, 11 Desember 2017 - 9:35 PM
  • Lampung,
  • dibaca : 692 pembaca

Kegiatan Sosialisasi Saber Pungli di SMK Negeri 2 Terbanggi Besar, Lampung Tengah.

Lampung Tengah, Maklumat Nasional – Dengan pertimbangan bahwa praktik Pungutan Liar (Pungli) telah merusak sendi-sendi kehidupan berbangsa maupun bernegara, pemerintah memandang perlu upaya pemberantasan secara tegas, terpadu, efektif, dan efisien yang mampu menimbulkan efek jera.

Dalam upaya pemberantasan pungutan liar itu, pemerintah memandang perlu dibentuk satuan tugas atau Tim Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli).

Selain melakukan penindakan, Tim Saber Pungli juga akan mengkaji apakah ada aturan yang mendukung terjadinya Pungli.

Sosialisasi Saber Pungli di SMK Negeri 2 Terbanggi Besar dilaksanakan oleh MKKS SMK seluruh Lampung Tengah dan dihadiri oleh seluruh Kepala SMK, Rabu (6/12/2017).

Tim Saber Pungli tersebut terdiri dari Kabag Hukum Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Tengah Eko Pranyoto, Ketua MKKS SMK Yos Devera, Kasat Binmas Polres Lampung Tengah AKP Yaya.

Dalam sambutannya, Ketua MKKS SMK Yos Devera mengatakan: “apa saja yang menjadi kebijakan bahkan menjadi ketakutan dalam menjalankan pendidikan maka pada hari ini kita datangkan Tim Saber Pungli ini, diminta Kepala Sekolah agar bertanya apa saja yang menjadi rambu-rambu dan larangan pungutan liar supaya dalam proses belajar-mengajar aman, nyaman, dan kondusif”.

Kasat Binmas AKP Yaya yang mewakili Kapolres Lampung Tengah mengatakan: “saat ini negara merasa prihatin dan resah bahkan khawatir karena pungli sudah jadi bagian bangsa kita. Sejak dibentuk pada Juli 2017, Tim Saber Pungli terus mensosialisasikan kepada semua leading sector di Kabupaten Lampung Tengah yang mengedepankan pencegahan daripada penindakan. Bila perlu ada keputusan tertulis (perjanjian kerja) dengan MKKS, semoga acara ini dapat membantu Kepala Sekolah dalam menerapkan kebijakan”.

Dikatakan juga oleh Kabag Hukum Pemkab Lampung Tengah Eko Pranyoto: “pungli ialah suatu pungutan, iuran, sumbangan, dan lain-lain yang tidak ada dasar hukumnya. Di dunia pendidikan pungli banyak diterapkan berdasarkan keputusan komite. Bahkan pelayanan publik dituntut profesional”. (BI)

Jika ingin melaporkan adanya tindakan Pungli harap hubungi 0856 6930 8727.

« Sebelumnya SMA Negeri 1 Kotagajah Gelar HUT Ambalan

Selanjutnya » Bupati Lampung Tengah Bersama Ribuan Peserta Trail Meriahkan Ronda Pep

Komentar Kamu

Entertaiment

Kalender